Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Terbaru
Friday, August 23, 2019
Edit

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Kurikulum sebagai kerangka kerja (framework) yang berisi rencana dan implementasi sebuah kegiatan untuk membuatkan semua aspek perkembangan anak dalam menyiapkan anak mencapai keberhasilan di sekolah dan tahap selanjutnya. Kurikulum memperlihatkan pengalaman berguru yang bermakna, menarik, dan berkualitas tinggi.
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dikembangkan atas dasar pengkajian landasan filosofis, sosiologis, teoritis, psikologis-pedagogis, dan yuridis yang terang dan telah teruji secara empiris. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk mendorong per kem-bangan penerima didik secara optimal melalui pengalaman berguru yang bermakna dan menyenangkan sehingga anak mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mendukung keberhasilan di sekolah dan pendidikan pada tahap selanjutnya.
Memahami Kerangka Dasar dan Struktur K13 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) bagi pendidik merupakan hal utama alasannya yaitu Struktur K-13 PAUD merupakan titik awal dalam membuatkan bagian-bagian kurikulum lainnya, ibarat KTSP, Program Tahunan, Program Semester dan lainnya.
Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan pengorganisasian muatan kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan usang belajar. Adapun Muatan kurikulum 2013 PAUD berisi program-program pengembangan, yang terdiri atas: (1) kegiatan pengembangan nilai agama dan moral, (2) kegiatan pengembangan fisik motorik, (3) kegiatan pengembangan kognitif, (4) kegiatan pengembangan bahasa, (5) kegiatan pengembangan sosial-emosional, dan (6) kegiatan pengembangan seni. Sedangkan Kompetensi Inti PAUD merupakan gam baran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada final layanan PAUD di usia 6 (enam) tahun. Kompetensi Inti yang disingkat menjadi KI. Secara terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan
Adapun Kompetensi Inti pada jenjang PAUD yaitu sebagai berikut:
- KI-1 Menerima pedoman agama yang dianutnya
- KI-2 Memiliki sikap hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, bisa bekerja sama, bisa menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
- KI-3 Mengenali diri, keluarga, teman, guru dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, daerah bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
- KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan sikap anak berakhlak mulia
Selengkapnya terkait Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), silahkan download melalui link di bawah ini
Link download Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) -----disini------