41 Pengertian Sistem Berdasarkan Para Jago Dan Contohnya, Lengkap!

Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan yang sama. Unsur-unsur yang terdapat dalam sistem saling bekerjasama satu sama lain sehingga sanggup memudahkan arus informasi supaya sanggup mencapai tujuan bersama. Dalam sistem terdapat aneka macam unsur pelopor yang saling berinteraksi guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Contoh sistem yaitu badan insan yang terdiri atas sistem ekskresi, panca indera, sistem pernafasan, dan sebagainya. Tubuh mempunyai komponen-komponen dengan fungsinya masing-masing dan mempunyai tujuan yang sama. Unsur-unsur tersebut saling bekerjasama satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, berikut klarifikasi mengenai pengertian sistem berdasarkan para ahli.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya, Lengkap!
Terdapat beberapa pengertian sistem yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain :
  1. Indrajit
    Sistem merupakan perkumpulan komponen yang mempunyai kekerabatan antara komponen yang satu dengan lainnya.
  2. Djekky R. Djoht
    Sistem merupakan pengelompokan objek-objek yang dipersatukan oleh bentuk interaksi yang saling tergantung atau tetap, sekelompok unit berbeda yang dikombinasikan dengan sedemikian rupa oleh alam atau seni sampai membentuk keseluruhan yang integral dan beroperasi, bergerak, atau berfungsi dalam satu kesatuan.
  3. L. Ackof
    Sistem merupakan setiap kesatuan secara konseptual yang terdiri dari bagian-bagian yang saling tergantung satu sama lainnya.
  4. Lani Sidharta
    Sistem yaitu sekumpulan unsur dimana unsur-unsur tersebut saling beroperasi dan berkaitan dalam mencapai tujuan sama.
  5. Azhar Susanto
    Sistem merupakan kumpulan dari subsistem atau komponen atau serpihan apapun baik fisik atau non fisik yang bekerjasama satu sama lain serta bekerja sama dengan serasi guna mencapai suatu tujuan.
  6. Zulkufli A.M.
    Sistem merupakan himpunan suatu “benda” aktual atau abnormal yang terdiri atas bagian-bagian yang saling berketergantungan, berkaitan, berhubungan, serta saling mendukung yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
  7. Harijono Djojodihardjo
    Pengertian sistem merupakan campuran obyek yang mempunyai kekerabatan baik dari segi fungsi atau tiap-tiap ciri-ciri obyek dengan keseluruhan menjadi kesatuan yang mempunyai fungsi.
  8. Umar Fahmi Achmadi
    Pengertian sistem yaitu suatu tatanan yang menggambarkan rangkaian komponen-komponen yang mempunyai kekerabatan dan tujuan bersama secara serasi dan terkoordinasi yang berjalan dalam jangka waktu tertentu dan terencana.
  9. Colin Cherry
    Pengertian sistem yaitu keseluruhan yang dibuat oleh assambel atau beberapa serpihan yang berasal dari sifat serta bagian-bagiannya.
  10. Pamudji
    Definisi sistem merupakan suatu kebulatan yang kompleks atau keseluruhan yang terorganisir. Pengertian sistem merupakan paduan himpunan dari hal-hal sehingga sanggup membentuk keseluruhan yang utuh. Keseluruhan yang utuh tersebut meliputi aneka macam macam komponen termasuk sistem. Sistem mempunyai fungsinya masing-masing serta berkaitan antara satu sistem bersama dengan sistem lainnya untuk mencapai tujuan.
  11. Sumantri
    Pengertian sistem yaitu sekelompok serpihan yang saling mengisi dan bekerjasama untuk menjalankan maksud tertentu. Apabila terdapat salah satu sistem yang mengalami kerusakan maka sanggup kuat terhadap sistem lainnya. Hal ini yang menciptakan serpihan tersebut tidak sanggup menjalankan fungsinya secara maksimal.
  12. Prajudi
    Definisi sistem merupakan jaringan yang terdiri dari aneka macam mekanisme yang saling terikat. Adanya keterikatan tersebut didasarkan oleh pola yang bundar yang menggerakkan fungsi utama ataupun urusan.
  13. R. Fagen dan A. Hall
    Sistem merupakan sekumpulan objek yang mempunyai kekerabatan antara masing-masing obyek termasuk sifat-sifat yang mereka miliki.
  14. Voich dan Shrode
    Pengertian sistem yaitu sekumpulan serpihan atau unsur yang saling bergantung, bekerja sama, dan saling bekerjasama untuk mencapai tujuan dalam lingkungan yang utuh dan kompleks.
  15. Robert Allen dan Mark Victor Hansen
    Sistem merupakan suatu mekanisme yang terorganisir dan mapan yang sanggup membuahkan hasil.
  16. Edgar F. Huse dan James L. Bowdict
    Sistem yaitu rangkaian dari beberapa serpihan yang saling bekerjasama dan bergantung sedemikian rupa, sehingga sanggup mengakibatkan interaksi dan saling pengaruh.
  17. O’brien
    Sistem yaitu sekelompok komponen yang saling bekerjasama dan bekerja sama dalam mencapai tujuan dengan mendapatkan input dan menghasilkan output dalam transformasi teratur.
  18. Arifin Rahman
    Definisi sistem berarti sekumpulan prinsip, pendapat, dan unsur-unsur lain yang mempunyai bentuk sebagai kesatuan yang berhubungan.
  19. Ludwig Von Bertallanffy Pengertian sistem berdasarkan Ludwig Von Bertallanffy yaitu sekumpulan unsur yang berada pada kondisi saling berinteraksi.
  20. Jerry Futz Gerald
    Sistem merupakan suatu jaringan kerja daripada aneka macam mekanisme yang saling berkaitan, berkumpul bahu-membahu supaya sanggup beroperasi dalam sebuah kegiatan atau menuntaskan suatu tujuan.
  21. Jogianto
    Pengertian sistem yaitu campuran dari banyak elemen yang mempunyai kekerabatan serta saling berinteraksi untuk menuntaskan tujuan tertentu. Sistem sanggup digambarkan sebagai kejadian yang aktual yaitu berupa benda, orang yang nyata, atau manusia.
  22. Murdick, R.G
    Definisi Sistem merupakan kumpulan elemen yang di dalamnya terdapat suatu mekanisme yang dipakai untuk mencari tujuan bersama dengan cara pengoperasian data dan barang pada ketika tertentu. Cara tersebut bertujuan guna mendapatkan data atau informasi yang diinginkan.
  23. Sukarna
    Pengertian sistem yaitu sekumpulan kepercayaan, fakta, pendapat dan sebagainya yang tersusun secara teratur, semisal sistem filsafat.
  24. Simatupang
    Sistem yaitu kesatuan yang kompleks atau rumit yang dibuat oleh bagian-bagian yang berbeda-beda dan saling terikat pada planning yang sama atau donasi yang bertujuan untuk sanggup mencapai tujuan bersama.
  25. Andri Kristanto
    Sistem merupakan jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul untuk melaksanakan acara atau menuntaskan sasaran tertentu.
  26. Davis, G.B
    Definisi sistem merupakan campuran dari elemen-elemen yang bekerja sama guna mencapai target.
  27. Musanef
    Pengertian Sistem yaitu kesatuan yang utuh dari rangkain-rangkaian yang saling terikat. Anak cabang atau serpihan kecil dari sistem menjadi induk sistem dari rangkaian yang selanjutnya. Kondisi tersebut terus terjadi sampai tiba ketika terdapat serpihan yang sanggup mengganggu kestabilan sistem itu sendiri.
  28. W.J.S Poerwadarminta
    Powerwadrminta menyatakan bahwa sistem merupakan sekelompok alat dan sebagainya yang saling bekerjasama biar sanggup melaksanakan suatu maksud tertentu.
  29. Anatol Raporot
    Sistem yaitu kumpulan perangkat dan kesatuan yang bekerjasama satu sama lain.
  30. McLeod
    Sistem yaitu elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud untuk mencapai tujuan.
  31. Lucas
    Sistem yaitu himpunan komponen-komponen yang terorganisasi, saling bergantungan, dan saling berinteraksi satu sama lain dan terpadu.
  32. Wilkinson
    Definisi sistem merupakan kerangka kerja terpadu yang mempunyai satu sasaran atau lebih. Sistem sanggup mengkoordinasikan sumber daya yang diharapkan guna mengubah masukan menjadi keluaran. Sumber daya tersebut sanggup berupa mesin, manusia, bahan, ataupun tenaga surya tergantung dari jenis sistem yang dibicarakan.
  33. L. James Havery
    Definisi sistem yaitu mekanisme logis dan rasional yang dipakai untuk merancang atau melaksanakan rangkaian komponen yang bekerjasama satu sama lain.
  34. C.W. Churchman
    Sistem yaitu seperangkat serpihan yang dikoordinasikan dengan serasi dan selaras untuk melaksanakan seperangkat pada tujuan tertentu.
  35. Salisbury
    Pengertian sistem yaitu sekelompok komponen-komponen yang bekerja sama sebagai kesatuan fungsi.
  36. Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan
    Definisi sistem yaitu serangkaian komponen yang saling berinteraksi serta bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.
  37. Pilecki
    Sistem merupakan objek-objek dan menghubungkan objek tersebut dengan atributnya. Sistem merupakan kesatuan yang terdiri dari atribut dari bagian, bagian-bagian, dan kekerabatan serpihan dengan atribut.
  38. Inu Kencana Syafie
    Definisi sistem yaitu kesatuan utuh dari rangkaian-rangkaian yang terikat satu dengan yang lainnya.
  39. Webster’s Unabridged
    Definisi sistem yaitu sekumpulan elemen yang saling bekerjasama dan membentuk satu kesatuan atau organisasi.
  40. J.C. Hinggins
    Sistem merupakan seperangkat serpihan yang saling bekerjasama satu sama lain.
  41. Koentjaraningrat
    Definisi sistem yaitu susunan-susunan yang berfungsi dan bergerak.


Unsur-unsur Sistem

Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya, Lengkap!
Untuk mengetahui apakah hal tersebut sanggup dianggap sistem, maka harus terdapat lima unsur utama, antara lain.
1) Terdapat tujuan bersama atau output sebagai hasil akhir.
2) Berada pada lingkungan yang utuh dan kompleks.
3) Terdapat kumpulan objek.
4) Terdapat sesuatu yang mengikat unsur-unsur menjadi satu kesatuan.
5) Terdapat interaksi atau kekerabatan antara elemen-elemen atau unsur-unsur.


Jenis-jenis sistem

Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya, Lengkap!
Terdapat beberapa tipe sistem berdasarkan kategori:
1) Atas dasar keterbukaan yaitu sistem terbuka, di mana pihak luar sanggup memengaruhinya. Dan sistem tertutup.
2) Atas dasar komponen yaitu sistem fisik berisikan komponen materi dan energi. Dan sistem non-fisik, berisikan ide-ide.


Ciri-ciri Sistem

Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya, Lengkap!
Ciri-ciri sistem dibagi menjadi delapan bagian, berikut penjelasannya :
  1. Komponen Sistem
    Sistem terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan, itu artinya komponen-komponen tersebut saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Pada suatu komponen sistem terdiri dari komponen berupa beberapa serpihan dari sistem atau subsistem.
  2. Batasan Sistem (Boundary)
    Salah satu ciri-ciri sistem yaitu batasan sistem (boundary) termasuk kawasan yang membatasi antara satu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem tersebut memungkinkan sistem sanggup dipandang sebagai satu kesatuan. Batasan sistem (boundary) menampilkan scope atau ruang lingkup pada sistem tersebut.
  3. Lingkungan Luar Sistem
    Lingkungan luar sistem merupakan diuar batas dari sistem yang memengaruhi operasi sistem tersebut. Lingkungan sanggup bersifat menguntungkan bagi sistem dan harus dijaga, sedangkan yang tidak menguntungkan harus dikendalikan, bila tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.
  4. Penghubung Sistem (Interface)
    Penghubung sistem atau interface merupakan suatu media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Lewat penghubung maka memungkinkan aneka macam macam sumber daya akan mengalir dari subsistem ke subsistem lainnya. Keluaran (output) dari subsistem akan berkembang menjadi input untuk subsistem lainnya dengan melewati penghubung.
  5. Masukan Sistem atau input
    Masukan sistem atau input yaitu energi yang dimasukkan pada sistem sanggup berupa maintenance input atau perawatan dan signal input atau. Maintenance Input yaitu energi yang dimasukkan biar sistem sanggup berjalan. Signal input yaitu energi yang sudah diproses untuk mendapatkan keluaran. Contohnya yaitu sistem acara komputer yang merupakan maintenance input, sedangkan data yaitu signal input atau masukan sinyal untuk mengolah menjadi informasi.
  6. Keluaran sistem atau output
    Keluaran sistem atau output yaitu hasil dari energi yang telah diklasifikasikan dan diolah menjadi output atau keluaran yang bermanfaat dan sisa pembuangan. Contohnya yaitu komputer yang sanggup menghasilkan panas termasuk sisa pembuangan, sedangkan informasi yaitu keluaran yang dibutuhkan.
  7. Pengolah sistem
    Sistem menjadi serpihan pengolah yang akan mengubah input menjadi output. Sistem akuntansi akan mengolah data menjadi laporan keuangan. Sistem produksi tersebut akan mengolah yang awalnya materi baku menjadi materi jadi.
  8. Sasaran sistem
    Sistem niscaya mempunyai sasaran atau tujuan berupa objek. Sasaran sistem tersebut sangat memilih input yang diharapkan sistem dan output yang akan dihasilkan.


Contoh Sistem Informasi

Terdapat beberapa pola sistem informasi di dalam kehidupan sehari hari, antara lain :
  1. Sistem layanan/informasi akademis
    Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya, Lengkap!
    Sistem layanan/informasi akademis sanggup memungkinkan bagi para mahasiswa untuk memperoleh data-data akademis serta mendaftar mata kuliah yang akan diambil pada tiap semester. Dengan adanya sistem layanan sistem informasi ibarat ini sanggup memudahkan para mahasiswa untuk setiap kepentingannya, ibarat ketika mengisi KRS kita tidak perlu berangkat ke kampus. Kita sudah sanggup mengaksesnya lewat internet sehingga layanan tersebut sanggup di susukan dimana saja. Semua informasi sanggup kita dapatkan, mulai dari rekap nilai dan pendaftaran-pendaftaran ibarat wisuda, KKN, dan sebagainya.
  2. Sistem pemesanan tiket online
    Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya, Lengkap!
    Sistem pemesanan tiket secara online contohnya pemesanan tiket pesawat, kereta, atau bahkan bis. Dengan melalui sistem informasi ini, kita tidak harus antre untuk membeli tiket, cukup membuka internet dan melaksanakan transaksi pemesanan tiket. Dengan adanya sistem ini sanggup menghemat waktu dan tenaga.
  3. Sistem SMS Banking dan Internet Banking
    Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya, Lengkap!
    SMS Banking merupakan layanan informasi perbankan yang memungkinkan kita untuk mengakses secara pribadi melalui handphone dengan memakai SMS (short message service). SMS Banking yaitu salah satu layanan yang disediakan oleh Bank dengan memakai sarana SMS guna melaksanakan transaksi keuangan serta seruan informasi keuangan, contohnya ibarat cek saldo, pembayaran (kartu kredit), pembelian (pulsa isi ulang), dan mutasi rekening. Biasanya kita harus tiba ke Bank atau gerai ATM untuk meregistrasi sistem ini. Kemudian ada juga layanan Internet Banking yang disediakan oleh pihak bank, yaitu transaksi keuangan yang sanggup dilakukan dengan memakai gadget dan internet.
  4. Video Call
    Pengertian sistem merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya, Lengkap!
    Sistem sanggup menciptakan kita untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat, atau siapa saja menjadi lebih mudah. Banyak aplikasi yang mempunyai akomodasi Video Call tentunya dengan memakai koneksi internet atau pulsa.

Pengertian sistem pun sanggup dibedakan menjadi beberapa serpihan berdasarkan klasifikasinya. Ada yang bersifat alamiah, buatan, abstrak, fisik, spesifik, dan non spesifik, sederhana, kompleks, tertutup, dan terbuka. Apabila hasil kerja tidak melibatkan pihak luar dan sanggup bangun diatas kaki sendiri pada perjuangan sendiri, maka disebut close system. Sedangkan untuk perjuangan yang bergantung dengan luar, dinamakan open system.

Berbagai hal yang bersifat alami ibarat yang terjadi pada badan insan disebut dengan sistem. Semua organ dalam badan bekerja dengan maksimal. Contoh sistem reproduksi. Apabila terdapat serpihan yang tidak berfungsi dengan normal, maka kinerjanya akan terkendala dan sanggup mengakibatkan kelainan.

Kinerja komputer pun dipengaruhi oleh sistem. Di mulai dari input data, kemudian analisa, proses, dan output. Tentu hasil yang dicapai sanggup sesuai impian apabila masing-masing komponen bekerja dengan baik. Apabila terdapat error maka proses akan terhambat dan tidak akan menghasilkan output yang diinginkan.

Itulah pengertian sistem dan pola sistem. Dapat disimpulkan bahwa sistem sangat erat dengan kehidupan sehari-hari kita. Tak perlu galau dengan beberapa pengertian sistem berdasarkan para ahli. Hal ini sebab definisi sistem mengacu pada elemen-elemen yang bekerja sama guna mendapatkan hasil yang diinginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel