Teori Berguru Konstruktivistik
Wednesday, September 25, 2019
Edit
TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK
Teori mencar ilmu Konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Beda dengan teori behavioristik yang memahami hakikat mencar ilmu sebagai kegiatan yang bersifat mekanistik antara stimulus dan respon, sedangkan teori kontruktivisme lebih memahami mencar ilmu sebagai kegiatan insan membangun atau membuat pengetahuan dengan memberi makna pada pengetahuannya sesuai dengan pengalamannya. Pengetahuan tidak bisa ditransfer dari guru kepada orang lain, alasannya ialah setiap orang mempunyai denah sendiri wacana apa yang diketahuinya. Pembentukan pengetahuan merupakan proses kognitif dimana terjadi proses asimilasi dan fasilitas untuk mencapai suatu keseimbangan sehingga terbentuk suatu denah yang baru.
=========================================
=========================================
Konstruktivistik merupakan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada proses dan kebebasan dalam menggali pengetahuan serta upaya dalam mengkonstruksi pengalaman atau dengan kata lain teori ini memperlihatkan keaktifan terhadap siswa untuk mencar ilmu menemukan sendiri kompetensi, pengetahuan atau teknologi, dan hal lain yang diharapkan guna menyebarkan dirinya sendiri. Dalam proses belajarnya pun, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan gagasannya dengan bahasa sendiri, untuk berfikir wacana pengalamannya sehingga siswa menjadi lebih kreatif dan imajinatif serta sanggup membuat lingkungan mencar ilmu yang kondusif.
TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK |
Adapun tujuan dari Teori mencar ilmu Konstruktivisme dalah sebagai berikut:
1. Adanya motivasi untuk siswa bahwa mencar ilmu ialah tanggung jawab siswa itu sendiri.
2. Mengembangkan kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mencari sendiri pertanyaannya.
3. Membantu siswa untuk menyebarkan pengertian dan pemahaman suatu konsep secara lengkap.
4. Mengembangkan kemampuan siswa untuk menjadi pemikir yang mandiri.
5. Lebih menekankan pada proses mencar ilmu bagaimana mencar ilmu itu.
Hakikat pembelajaran konstruktivistik oleh Brooks & Brooks dalam Degeng menyampaikan bahwa pengetahuan ialah non-objective, bersifat temporer, selalu berubah, dan tidak menentu. Belajar dilihat sebagai penyusunan pengetahuan dari pengalaman konkrit, acara kolaboratif, dan refleksi serta interpretasi. Mengajar berarti menata lingkungan biar si mencar ilmu termotivasi dalam menggali makna serta menghargai ketidakmenentuan. Atas dasar ini maka si mencar ilmu akan mempunyai pemahaman yang berbeda terhadap pengetahuan tergentung pada pengalamannya, dan perspektif yang digunakan dalam menginterpretasikannya.
Teori mencar ilmu Konstruktivisme dalam Pembelajaran |
Unsur-unsur penting dalam Teori mencar ilmu Konstruktivisme:
1. Memperhatikan dan memanfaatkan pengetahuan awal siswa
2. Pengalaman mencar ilmu yang autentik dan bermakna
3. Adanya lingkungan social yang kondusif
4. Adanya dorongan biar siswa mandiri
5. Adanya perjuangan untuk mengenalkan siswa wacana dunia ilmiah
Secara garis besar, prinsip-prinsip Teori mencar ilmu Konstruktivisme adalah sebagai berikut:
1. Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri.
2. Pengetahuan tidak sanggup dipindahkan dari guru kemurid, kecuali hanya dengan keaktifan murid sendiri untuk menalar.
3. Murid aktif mengkonstruksi secara terus menerus, sehingga selalu terjadi perubahan konsep ilmiah.
4. Guru sekedar membantu menyediakan saran dan situasi biar proses konstruksi berjalan lancar.
5. Menghadapi masalah yang relevan dengan siswa.
6. Struktur pembelajaran seputar konsep utama pentingnya sebuah pernyataan.
7. Mencari dan menilai pendapat siswa.
8. Menyesuaikan kurikulum untuk menanggapi anggapan siswa.
Proses belajar konstrutivistik dapat dilihat dari banyak sekali aspek, yaitu:
1) Proses mencar ilmu konstruktivistik
Esensi dari teori konstruktivistik ialah siswa harus menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi lain, dan apabila dikehendaki, informasi itu menjadi milik mereka sendiri. Sehingga dalam proses belajar, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka dengan keterlibatan aktif dalam kegiatan mencar ilmu mengajar.
2) Peranan siswa
Dalam pembelajaran konstruktivistik, siswa menjadi sentra kegiatan dan guru sebagai fasiitator. Karena mencar ilmu merupakan suatu proses pemaknaan atau pembentukan pengetahuan dari pengalaman secara konkrit, acara kolaboratif, refleksi serta interpretasi yang harus dilukukan oleh siswa sendiri.
3) Peranan guru
Guru atau pendidik berperan sebagai fasilitator artinya membantu siswa untuk membentuk pengetahuannya sendiri dan proses pengkonstruksian pengetahuan biar berjalan lancar. Guru tidak mentransferkan pengetahuan yang dimilikinya pada siswa tetapi guru dituntut untuk memahami jalan pikiran atau cara pandang setiap siswa dalam belajar.
4) Sarana belajar
Sarana mencar ilmu dibutuhkan siswa untuk menyebarkan pengetahuan yang telah diperoleh biar mendapatkan pengetahuan yang maksimal.
5) Evaluasi hasil belajar
Evaluasi merupakan bab utuh dari mencar ilmu yang menekankan pada ketrampilan proses baik individu maupun kelompok. Dengan cara ini, maka kita sanggup mengetahui seberapa besar suatu pengetahuan telah dipahami oleh siswa.
Ciri-Ciri Teori mencar ilmu Konstruktivisme
Adapun ciri – ciri pembelajaran secara konstruktivisme adalah:
· Memberi peluang kepada murid membina pengetahuan gres melalui penglibatan dalam dunia sebenarnya.
· Menggalakkan soalan/idea yang dimulakan oleh murid dan menggunakannya sebagai panduan merancang pengajaran.
· Menyokong pembelajaran secara koperatif mengambil kira perilaku dan pembawaan murid.
· Mengambil kira dapatan kajian bagaimana murid mencar ilmu sesuatu ide.
· Menggalakkan & mendapatkan daya perjuangan & autonomi murid.
· Menggalakkan murid bertanya dan berdialog dengan murid & guru.
· Menganggap pembelajaran sebagai suatu proses yang sama penting dengan hasil pembelajaran.
· Menggalakkan proses inkuiri murid melalui kajian dan eksperimen.
Prinsip-Prinsip Teori mencar ilmu KonstruktivismeSecara garis besar, prinsip-prinsip konstruktivisme yang diterapkan dalam mencar ilmu mengajar adalah:
· Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri.
· Pengetahuan tidak sanggup dipindahkan dari guru kemurid, kecuali hanya dengan keaktifan murid sendiri untuk menalar.
· Murid aktif megkontruksi secara terus menerus, sehingga selalu terjadi perubahan konsep ilmiah.
· Guru sekedar membantu menyediakan saran dan situasi biar proses kontruksi berjalan lancar.
· Menghadapi masalah yang relevan dengan siswa.
· Struktur pembalajaran seputar konsep utama pentingnya sebuah pertanyaan.
· Mencari dan menilai pendapat siswa.
· Menyesuaikan kurikulum untuk menanggapi anggapan siswa.
Teori mencar ilmu konstruksivisme membawa implikasi dalam pembelajaran yang harus bersifat kolektif atu kelompok. Proses sosial masing-masing siswa harus bisa diwujudkan. C. Asri Budiningsih dalam buku Pembelajaran Moral menyatakan bahwa keberhasilan mencar ilmu sangat ditentukan oleh kiprah social yang ada dalam diri siswa. Dalam situasi sosial akan terjadi situasi saling berhubungan, terdapat tata hubungan, tata tingkah laris dan perilaku diantara sesame manusia. Konsekuensinya, siswa harus mempunyai keterampilan untuk beradaptasi (adaptasi) secara cepat.
Bagi kaum konstruktivis, mengajar bukanlah kegiatan memindahkan pengetahuan dari guru kepada siswa, melainkan suatu penciptaan suasana yang memungkinkan siswa membangun sendiri pengetahuannya. Mengajar berarti partisipasi aktif guru bahu-membahu siswa dalam membangun pengetahuan, membuat makna, mencari kejelasan, bersikap kritis, dan mengadakan justifikasi. Makara mengajar ialah mencar ilmu itu sendiri. Menurut prinsip konstruktivisme, guru berperan sebagai perantara dan fasilitator yang membantu biar proses mencar ilmu siswa berjalan sebagaimana mestinya. Sebagai fasilitator dan perantara kiprah guru sanggup dijabarkan sebagai berikut:
a. Menyediakan pengalaman mencar ilmu yang memungkinkan siswa bertanggung jawab dalam merencanakan acara belajar, proses mencar ilmu serta hasil mencar ilmu yang diperolehnya. Dengan demikian menjadi terang bahwa memberi kuliah atau ceramah bukanlah kiprah utama guru. Memberikan sejumlah kegiatan yang sanggup merangsang keingintahuan siswa dan mendorong mereka untuk meng-ekspresikan gagasan-gagasannya serta mengkomukasikan-nya secara ilmiah;
b. Menyediakan sarana mencar ilmu yang merangsang siswa berpikir secara produktif. Guru hendaknya membuat rangsangan mencar ilmu melalui penyediaan situasi problematik yang memungkinkan siswa mencar ilmu memecahkan masalah
c. Memonitor, mengevaluasi dan memperlihatkan tingkat perkembangan berpikir siswa. Guru sanggup memperlihatkan dan mempertanyakan sejauh mana pengetahuan siswa untuk menghadapi problem gres yang berkaitan dengan pengetahuan yang dimilikinya. (Ditulis Oleh Drs.Agustinus Maniyeni, M.Pd – Dalam buku “Wawasan Pembelajaran” halaman 1-15)
Konstruktivisme memandang bahwa pengetahuan non objektif, bersifat temporer, selalu berubah dan tidak menentu. Belajar ialah penyusunan pengetahuan dari dari pengalaman konkrit, aktifitas kolaboratif dan refleksi dan interpretasi. Seseorang yang mencar ilmu akan mempunyai pemahaman yang berbeda terhadap pengetahuan tergantung pengalamannya dan persepektif yang didalam menginterprestasikannya.
Teori ini lebih menekankan pada diri siswa dalam penyusun pengetahuan yang ingin diperoleh oleh siswa tersebut. Teori ini memperlihatkan keaktifan terhadap siswa untuk mencar ilmu menemukan sendiri kompetensi, pengetahuan atau teknologi, dan hal lain yang diperlakukan guna menggembangkan dirinya sendiri.Adapun tujuan dari teori ini ialah sebagai berikut:
· Adanya motivasi untuk siswa bahwa mencar ilmu ialah tanggung jawab siswa itu sendiri.
· Mengembangkan kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mencari sendiri pertanyaanya.
· Membantu siswa untuk menyebarkan pengertian dan pemahaman konsep secara lengkap.
· Mengembangkan kemampuan siswa untuk menjadi pemikir yang mandiri.
· Lebih menekankan pada proses mencar ilmu bagaimana mencar ilmu itu. Konsep penilaian pendidikan hampir sama dengan konsep pada teori kognitivisme yaitu menitikberatkan pada proses. Proses yang dimaksud disini merupakan sebuah pengalaman yang dialami sendiri oleh masing-masing siswa (penyusunan pengetahuan oleh siswa itu sendiri).
Adapun implikasi dari teori mencar ilmu konstruktivisme dalam pendidikan anak (Poedjiadi, 1999: 63) ialah sebagai berikut: (a) tujuan pendidikan berdasarkan teori mencar ilmu konstruktivisme ialah menghasilkan individu atau anak yang mempunyai kemampuan berfikir untuk menuntaskan setiap problem yang dihadapi, (b) kurikulum dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi situasi yang memungkinkan pengetahuan dan keterampilan sanggup dikonstruksi oleh penerima didik. Selain itu, latihan memcahkan masalah seringkali dilakukan melalui mencar ilmu kelompok dengan menganalisis masalah dalam kehidupan sehari-hari dan (c) penerima didik diharapkan selalu aktif dan sanggup menemukan cara mencar ilmu yang sesuai bagi dirinya. Guru hanyalah berfungsi sebagai mediator, fasilitor, dan sobat yang membuat situasi yang aman untuk terjadinya konstruksi pengetahuan pada diri penerima didik.
Dalam upaya mengimplementasikan teori mencar ilmu konstruktivisme, Tytler (1996: 20) mengajukan beberapa saran yang berkaitan dengan rancangan pembelajaran, sebagai berikut: (1) memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan gagasannya dengan bahasa sendiri, (2) memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir wacana pengalamannya sehingga menjadi lebih kreatif dan imajinatif, (3) memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba gagasan baru, (4) memberi pengalaman yang bekerjasama dengan gagasan yang telah dimiliki siswa, (5) mendorong siswa untuk memikirkan perubahan gagasan mereka, dan (6) membuat lingkungan mencar ilmu yang kondusif.
Aplikasi Teori mencar ilmu Konstruktivisme Dalam Pembelajaran |
Aplikasi Teori mencar ilmu Konstruktivisme Dalam Pembelajaran :
1. Membebaskan siswa dari belenggu kurikulum yang berisi fakta-fakta lepas yang sudah ditetapkan, dan memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk mengmbangkan ide-idenya secara lebih bebas.
2. Menempatkan siswa sebagai kekuatan timbulnya interes, untuk membuat kekerabatan ide-ide atau gagasan-gagasan, kemudian memformulasikan kembali ide-ide tersebut, serta membuat kesimpulan-kesimpulan.
3. Guru bahu-membahu siswa mengkaji pesan-pesan penting bahwa dunia ialah kompleks, dimana terjadi majemuk pandangan tentang kebenaran yang datangnya dari banyak sekali interpretasi.
4. Guru mengakui bahwa proses mencar ilmu serta penilaianya merupakan suatu perjuangan yang kompleks, sukar dipahami, tidak teratur, dan tidak gampang dikelola.