Cara Guru Mengatasi Anak Nakal

Siswa terutama siswa Sekolah Menengah Pertama merupakan sesorang yang berada pada masa perkembangan ke arah kedewasaan. Tahap perkembangan siswa tersebut di sekolah mulai dari aspek psikologis, fisik hingga memiki kemampuan menemukan hal-hal gres yang selama ini tidak bisa ditemukan di rumah. Namun seringkali ada bawah umur bersikap tidak sesuai aturan, baik terhadap aturan di sekolah (tata tertib) maupun terhadap aturan yang berlaku di msyarakat.. Guru, baik itu guru mata pelajaran dan wali kelas serta guru BP mempunyai kewajiban meluruskan sikap anak bandel di sekolah maupun di masyarakat untuk memperlihatkan kesempurnaan pendidikan anak.


Hindari Kekerasan dalam Mengatasi Anak Nakal
Guru sedapat mungkin harus menghindari kekerasan, terutama tindakan kekerasan yang bisa meninggalkan bekas luka terhadap siswa yang bersangkutan. Jika hal tersebut terjadi maka guru yang bersangkutan akan terkena pelanggaran undang-undang Perlindungan Anak. Dalam Pasal 54 Undang-undang No. 23 Tahun 2001 ihwal derma Anak dinyatakan bahwa: “Anak di dalam dan di lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau teman-temannya didalam sekolah yang bersangkutan, atau forum pendidikan lainnya.

Lakukan Pendekatan Secara Persuasive
Salah satu cara mengatasi abjad anak menyerupai itu dengan cara melaksanakan pendekatan secara persuasive yaitu dengan cara memperhatikan atau memperlihatkan sebuah perhatiaan khusus kepada anak yang bersangkutan.Tetapi perhatian yang di berikan mestinya tidak tampak terlampau berlebihan oleh siswa lainnya. Terkadang kenakalan / kegaduhan yang mereka lakukan bekerjsama semata-mata hanya untuk mendapat perhatian dari kita . maka ada baiknya kita bercengkrama dengan mereka barang se menit saja untuk memperlihatkan perhatian kita dan mengetahui penyebab problem dari anak tersebut sehingga anak tersebut merasa diperhatikan dan kita bisa menemukan solusi dalam menangani anak tersebut.

Lalu gali penyebab kenakalnya, apa lantaran kurang mendapat perhatian di dalam keluarganya atau dampak lingkungan sekitar ia berada.Jika seorang guru telah tahu latar belakang mengapa anak tersebut di dalam maupun di luar kelas nakal, maka sangat membantu dalam mengatasinya kenakalan anak tersebut.


==================================




==================================

Ketahui Penyebab Kenakalannya
Untuk berusaha mengatasi anak bandel di sekolah, guru  haruslah memperhatikan penyebabnya terlebih dahulu. Sebagai guru yang baik, anda tidak bisa eksklusif memperlihatkan eksekusi pada anak tersebut, lantaran bawah umur umumnya merupakan satu pribadi yang masih polos dan belum mengetahui apa arti bandel sebenarnya. Anak merupakan satu insan yang masih melaksanakan sesuatu atas apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya. Sehingga eksekusi bukanlah tanggapan atau solusi yang tepat untuk menghentikan kenakalannya.

Cara ini sanggup dilakukan dengan dengan memperhatikan perilakunya di dalam kelas. Dalam hal ini, seorang guru harus benar-benar sabar ketika mengamati sikap menyimpang anak. Ketika ditemukan penyebab bandel anak, apakah sepenuhnya kesalahannya atau apakah memang anak tersebut yang memulai problem dengan temannya yaitu pertanyaan yang harus terjawab dari pengamatan tersebut. Setelah tanggapan ditemukan, seorang guru sebaiknya mengajak bicara anak dengan hati-hati dan penuh kasih sayang. Ajaklah ia berbicara dalam suasana yang hangat, dan tidak cenderung mengintimidasinya. Tanyakan penyebab anak tersebut berbuat kenakalan. Penyebab kenakalan ini bisa terlahir dari dalam lingkungan keluarga yang secara tidak sengaja dicontoh, tayangan televisi dan lain-lain.

Sesi tanya-jawab dengan anak lalu disampaikan pada orang renta sebagaimana pengalihan tanggung jawab anak diberikan pada seorang guru. Dalam hal ini, seorang guru hendaknya memperlihatkan himbauan pada orang renta semoga apa yang dilihat, didengar dan dirasakan anak bersifat positif dan tidak mengarah pada kekerasan baik fisik maupun ucapan. Cara mengatasi anak bandel ini harus disertai dengan menganjurkan mengoreksi diri sesama orang tua. Sehinga pendidikan di rumah maupun di sekolah anak menjadi aman dan efektif. Di dalam pembicaraan ini, sebaiknya guru memperlihatkan proposal untuk tidak bersikap keras pada anak dengan menghukum atau membentaknya lantaran kenakalannya. Karena bisa saja akan mematikan aspek psikologisnya yang kuat di masa depannya.

Ketahui Permasalahannya
Anak merupakan insan yang paling peka dengan begitu polosnya memperlihatkan apa saja yang dirasa dan dipelajarinya. Dalam hal ini kurang peka dan perhatiannya orang renta sanggup menjadi penyebab kenakalan anak. Kenakalan anak di sekolah bisa merupakan bentuk penyikapan anak dalam meminta perhatian lebih pada orang disekitarnya. Jika hal ini terjadi maka seorang guru sebaiknya memperlihatkan perhatian lebih pada anak lantaran guru merupakan pengganti orang renta di sekolah. Cara mengatasi anak bandel yaitu dengan memperhatikan segala kebutuhan, mengingat namanya, menemaninya ketika merasa kesepian dan berbicara lembut padanya. Sesekali berikan pelukan, gandeng tangannya, dan berbicara diselingi senyuman ketika menghadapinya.
Pastikan guru terus memantau setiap sikap anak bandel ini di dalam maupun luar lingkungan sekolah. Memang kalau siswa berbuat naka di luar kelas bukan menjadi tanggung jawab dari pihak sekolah atau guru , tetapi harus juga di ingat kalau seorang siswa berbuat bandel di luar kelas maka nama sekolah atau guru menjadi terbawa-bawa. Maka untuk menghindari hal tersebut yang perlu di perhatikan yaitu harus adanya kerjasama guru dan orangtua siswa.Dan guru juga harus menjalin kerjasama dengan orangtua siswa dalam hal memonitor perkembangan pendidikan siswa yang bersangkutan.

Beri Tanggung Jawab
Terdapat cukup banyak faktor yang sanggup menyebabkan anak didik kita menjadi bandel di kelas. Salah satunya lantaran mereka tidak mempunyai sesuatu hal yang sanggup menyibukkan diri mereka. Oleh lantaran itu coba berikan tanggung jawab seperti, menjadi ketua kelas, mencatat siswa yang bandel dikelas, atau hal-hal lain dalam batas-batas kewajaran



Ciptakan Kegiatan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menarik
Dengan acara pembelajaran yang menarik akan membuat anak didik yang bandel menjadi tertarik dan mengikuti pelajaran dengan antusias . lantaran cukup banyak siswa yang memperlihatkan kenakalan di kelas / sekolah yang disebabkan pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik bahkan mungkin tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh guru, maka kiprah guru yang baik  adalah untuk membuat KBM yang menarik dan aktif namun tetap sanggup membuat anak didik memahami bahan yang diajarkan sehingga antusiasme anak didik kita terhadap pelajaran kita tinggi .


===================================



= Baca Juga =



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel