Fungsi Pemasaran Yang Perlu Diketahui

Fungsi Manajemen Pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan suatu produk, komunikasi - promosi, taktik distribusi, penetapan harga produk dan santunan layanan.

Seluruh kegiatan ini dilaksanakan untuk dapat mengetahui, memenuhi, melayani, serta memuaskan kebutuhan para konsumen. Adapun fungsi dari pemasaran itu sendiri ada beberapa diataranya akan kita bahas dalam artikel ini

 penetapan harga produk dan santunan layanan Fungsi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Fungsi Pemasaran

Fungsi pemasaran yaitu kegiatan yang dijalankan pada bisnis yang terlibat didalam menggerakkan barang atau jasa dari produsen hingga hingga ke tangan para konsumen (William J. Shultz)

Didalam konsep fungsi pemasaran yang dikemukakan oleh Sofjan Assauri [1987: 19] yang meng-klasifikasi-kan fungsi pemasaran kedalam 3 (tiga) fungsi dasar pemasaran, yaitu :
  1. Fungsi pembelian dan penjualan
  2. Fungsi suply fisik - pengangkutan dan penyimpangan (penggudangan)
  3. Fungsi penunjang - pengamanan, standardisasi dan grading, keuangan (financing), penanggungan terhadap resiko serta isu pasar

Pada goresan pena ini, fungsi pemasaran yang akan disoroti yaitu :

[1] Fungsi Pembelian | Buying

Fungsi pemasaran pembelian yaitu fungsi yang mengikuti kegiatan kegiatan yang mencari serta mengumpulkan barang atau jasa yang diperlukan sebagai persediaan dalam memenuhi kebutuhan para konsumen.

Fungsi pembelian ini intinya yaitu sebuah proses atau kegiatan mencari penjual dan merupakan timbal balik dari kegiatan penjualan (Selling).

Maka daripada itu perlu untuk dipahami kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat menciptakan orang atau konsumen melaksanakan pembelian barang atau jasa.

[2] Fungsi Penjualan | Selling

Fungsi penjualan (selling) meliputi kegiatan yang dijalankan untuk mencari para calon pembeli produk atau jasa yang ditawarkan dengan cita-cita dapat memperoleh keuntungan.

Aktivitas penjualan yaitu lawan dari kegiatan pembelian. kegiatan pembelian (buying) tidak akan pernah terjadi tanpa kegiatan penjualan. demikian juga sebaliknya.

[3] Fungsi Transportasi

Fungsi transportasi merupakan proses pemindahan barang dari suatu daerah dipindahkan ke daerah yang lainnya (pemindahan)

[4] Fungsi Penyimpanan | Penggudangan

Penggudangan atau penyimpanan barang yaitu fungsi penyimpanan suatu produk yang telah dibeli sebagai persediaan semoga dapat menghindari resiko kerusakan barang atau resiko resiko yan glain yang dapat saja muncul

[5] Fungsi Informasi Pasar

Informasi pasar ini yaitu fungsi pemasaran yang bersifat luas serta penting, ini dikarenakan fungsi isu pasar ini menyajikan isu mengenai situasi dan kondisi perdagangan secara umum yang masih berafiliasi dengan produk yang terkait, harga jual yang inginkan oleh konsumen dan situasi kondisi pasar secara keseluruhan.

Menurut Sofjan Assauri [1987: 303] yang dimaksud dengan isu ialah keterangan yang berupa fakta, data ataupun hasil analisis, pertimbangan atau sebuah pandangan dari pemberli isu wacana keadaan kondisi yang secara eksklusif terkait dengan kebutuhan dalam pengambilan suatu keputusan manajemen

Semua hal hal diatas tentunya harus dikuasai dengan matang dan mendetail serta penerapan yang sempurna oleh pihak Manajemen Pemasaran walau terkadang dalam penerapannya tentu mengalami dan menghadapi banyak sekali hambatan yang terkadang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Pemahaman yang utuh atas fungsi manajemen pemasaran nantinya akan dapat dijadikan materi kajian dari sebuah strategi pemasaran yang akan di terapkan untuk memaksimalkan semua peluang yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel