Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu terasa sejuk. Angin bertiup sepoi-sepoi. Mereka asyik bermain. Tiba-tiba, langit berubah mendung. Awan hitam menutupi matahari. Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola.

Langit makin gelap. Angin bertiup cukup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka mencari tempat untuk berteduh.

Keadaan cuaca memang sering berubah-ubah. Pagi hari, cuaca terasa dingin. Saat siang hari, cuaca terasa sangat panas. Sore hari, cuaca terasa dingin. Angin bertiup lebih kencang.

Hujan mulai reda. Beni dan Udin bergegas pulang ke rumah. Mereka membersihkan diri dengan mandi air hangat. Badan mereka kembali terasa segar. Cuaca malam hari terasa lebih dingin.

Ayo Mengamati
Udara malam sesudah hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan acara dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menuntaskan soal-soal berikut ini. Tuliskan keadaan cuaca menurut gambar di bawah ini!
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Ayo Menulis
Cuaca sanggup berubah sewaktu-waktu. Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan. Di bawah ini yaitu simbol-simbol cuaca. Amati baik-baik.
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Amati cuaca selama lima hari. Lengkapi tabel di bawah ini. Gunakan simbol cuaca.
WaktuSeninSelasaRabuKamisJumat
Siang
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Malam
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Cuaca apa yang sering terjadi di daerahmu lima hari ini malam cerah

Tuliskan informasi yang kau ketahui perihal keadaan cuaca sesuai dengan simbolnya. Gunakan kalimat yang baik dan gampang dimengerti.
  1. Cuaca cerah yaitu keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya. Ciri-cirinya langit terang, awan yang terlihat di langit hanya sedikit, dan udara terasa hangat.
  2. Cuaca panas / cerah berawan yaitu keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya dengan terik. Udara terasa panas dan terasa memperabukan kulit. Di ketika panas, angin bertiup kencang dan banyak debu berterbangan
  3. Cuaca berawan yaitu keadaan ketika sinar matahari tertutup oleh awan. Langit menjadi agak gelap, awan menebal, dan udara terasa dingin. Keadaan cuaca menyerupai ini mengambarkan akan turunnya hujan.
  4. Cuaca hujan yaitu keadaan ketika butiran-butiran air jatuh ke bumi. Ketika cuaca hujan udara terasa cuek dan langit menjadi gelap. Cahaya matahari hanya sedikit terpancar sebab tertutup oleh awan.

Ayo Berlatih
Udin menonton info prakiraan cuaca di televisi. Ibu membawakan camilan cantik bolu kesukaan Udin. Satu loyang camilan cantik bolu dengan aroma cokelat. Harum cokelatnya mengundang selera. Lalu, camilan cantik tersebut dipotong menjadi dua. Satu camilan cantik dipotong menjadi dua. Setiap potongan disebut satu perdua atau seperdua. Kedua potongan satu per dua dibagi lagi menjadi empat.

Sekarang setiap potongan disebut satu perempat atau seperempat. Ibu memotong camilan cantik menjadi delapan bagian. Berarti, setiap potongnya merupakan seperdelapan penggalan dari camilan cantik yang utuh. Kata seperdua, seperempat, dan seperdelapan merupakan bilangan pecahan.

Ayo Berlatih
A. Mengenal pecahan sederhana
Mengenal pecahan setengah, sepertiga, seperempat, dan seperenam. Perhatikan potongan camilan cantik A dan B di bawah ini.
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Kue A
  1. Satu dibagi 2 penggalan yang sama.
  2. Nilai tiap penggalan satu per dua atau seperdua.
  3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua.
  4. Lambang pecahan seperdua yaitu 1/2 .
  5. 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Kue B
  1. Satu dibagi 4 penggalan yang sama.
  2. Nilai tiap penggalan satu per empat atau seperempat.
  3. Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat. Lambang pecahan seperempat yaitu 1/4 .
  4. 1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.

Tulislah lambang pecahan untuk soal di bawah ini.
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
  1. Berapa penggalan pizza yang sudah dimakan Udin?1/4
  2. Siti bahagia makan buah apel. Ia ingin membaginya pada Lani dan Dayu. Berapa bagiankah buah apel dipotong semoga Siti, Lani, dan Dayu menerima penggalan yang sama?1/3
  3. Ibu menyediakan satu roti panjang untuk sarapan pagi keluarga. Roti utuh ini dipotong menjadi 4. Setiap anggota keluarga akan menerima berapa penggalan roti?1/4
  4. Saat udara panas, makan buah jeruk terasa menyegarkan. Beni ingin membagi jeruknya pada Edo. Dari satu buah jeruk, Beni dan Edo akan menerima berapa bagian?1/2
  5. Lani membawa camilan cantik bulan ke sekolah. Lani ingin membaginya untuk 4 orang. Satu penggalan diberikan untuk Lani, Siti, Udin, dan Beni. Berapa  penggalan camilan cantik kah yang didapatkan setiap teman?1/4
  6. Siti berulang tahun. Dia ingin menyebarkan martabak cantik aneka rasa untuk teman-teman di kelas. Satu loyang martabak dipotong untuk 8 orang. Berapa penggalan martabak untuk setiap orang?1/8

Ayo Bernyanyi
Cuaca malam masih diselimuti hujan. Saat hujan, bulan tak tampak di langit. Ibu mendendangkan lagu Ambilkan Bulan Bu. Ibu menemani Siti berguru di kamar. Ayo, kita bernyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu bersama-sama.
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Nyanyikanlah dengan irama yang tepat. Ada penggalan yang kita nyanyikan dengan tempo irama cepat. Ada penggalan yang kita nyanyikan dengan tempo irama sedang. Ada pula penggalan yang dinyanyikan dengan tempo irama lambat.

Perhatikan lagu Ambilkan Bulan Bu. Kalimat 1 dan 2 mempunyai tempo irama yang sama. Menyanyi sanggup menciptakan hati senang. Menyanyi juga sanggup menenangkan hati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel