Pembelajaran 1 Subtema 3 Saya Suka Berpetualang
Sunday, August 30, 2020
Edit
Hari ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu wacana lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari jejak.
Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati semoga kondusif bertualang. Tanda yang dipakai berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah memperlihatkan perintah belok kiri.
Bendera berwarna kuning memperlihatkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau memperlihatkan perintah berjalan lurus.
Semua anggota kelompok juga mematuhi ramburambu kemudian lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan kemudian lintas ketika menyeberang jalan.
Mari memahami rambu-rambu kemudian lintas!
Perhatikan gambar berikut!
Ayo Berlatih
Gambarkan kembali rambu-rambu kemudian lintas di atas! Lalu, tuliskan arti dari rambu-rambu tersebut! Temukan sikap yang tidak sesuai dengan hukum rambu-rambu kemudian lintas! Perilaku yang tidak sesuai ialah menyebrang sembarangan, tidak memakai zebra cross.
Perhatikan gambar berikut ini!
Rambu-rambu kemudian lintas yang ada pada gambar dan artinya!
Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan kemudian lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan ketika menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bab jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.
Ayo Berlatih
Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.
Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat menyerupai berikut!
Cobalah mewawancarai 10 orang temanmu! Cari tahu banyak temanmu yang mengenal ramburambu berikut ini
Lalu, sajikan hasil wawancaramu dalam bentuk diagram.
Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada kendaraan beroda empat dan ada motor. Ada juga sepeda dan bus. Semua pengendara harus mematuhi hukum kemudian lintas. Semua pengendara kendaraan bermotor harus mempunyai surat izin mengemudi. Semua harus mengikuti peraturan kemudian lintas, semoga selamat di perjalanan.
Hiasan pada benda seni ada banyak sekali bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada juga yang
berbentuk garis.
Ayo Berkreasi
Cobalah kau menghias gambar bus di bawah ini! Hiaslah memakai garis dan titik semoga lebih menarik!
Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati semoga kondusif bertualang. Tanda yang dipakai berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah memperlihatkan perintah belok kiri.
Bendera berwarna kuning memperlihatkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau memperlihatkan perintah berjalan lurus.
Semua anggota kelompok juga mematuhi ramburambu kemudian lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan kemudian lintas ketika menyeberang jalan.
Mari memahami rambu-rambu kemudian lintas!
Perhatikan gambar berikut!
Gambar | Artinya |
---|---|
Tanda di samping berarti kendaraan tidak boleh parkir. | |
Tanda di samping berarti kendaraan tidak boleh berhenti | |
Garis hitam dan putih sebagai tempat menyeberang jalan. Garis hitam dan putih disebut zebra cross |
Ayo Berlatih
Gambarkan kembali rambu-rambu kemudian lintas di atas! Lalu, tuliskan arti dari rambu-rambu tersebut! Temukan sikap yang tidak sesuai dengan hukum rambu-rambu kemudian lintas! Perilaku yang tidak sesuai ialah menyebrang sembarangan, tidak memakai zebra cross.
Perhatikan gambar berikut ini!
Rambu-rambu kemudian lintas yang ada pada gambar dan artinya!
Gambar | Artinya |
---|---|
Dilarang parkir | |
Dilarang berhenti | |
Zebra cross tempat menyebrang jalan | |
Rambu peringatan adanya lampu kemudian lintas | |
Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang mengambarkan arah daerah |
Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan kemudian lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan ketika menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bab jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.
Ayo Berlatih
Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.
No. | Jenis Bendera | Banyak bendera yang ditemukan | Ditulis dalam bilangan |
---|---|---|---|
1 | Merah | IIII | 4 |
2 | Merah | 7 | |
3 | Merah | III | 3 |
Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat menyerupai berikut!
Cobalah mewawancarai 10 orang temanmu! Cari tahu banyak temanmu yang mengenal ramburambu berikut ini
No | Simbol | Arti Rambu | Banyak teman yang sudah mengetahui |
---|---|---|---|
1 | Dilarang parkir | III | |
2 | Dilarang berhenti | II | |
3 | Rambu peringatan adanya lampu kemudian lintas |
Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada kendaraan beroda empat dan ada motor. Ada juga sepeda dan bus. Semua pengendara harus mematuhi hukum kemudian lintas. Semua pengendara kendaraan bermotor harus mempunyai surat izin mengemudi. Semua harus mengikuti peraturan kemudian lintas, semoga selamat di perjalanan.
Hiasan pada benda seni ada banyak sekali bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada juga yang
berbentuk garis.
Ayo Berkreasi
Cobalah kau menghias gambar bus di bawah ini! Hiaslah memakai garis dan titik semoga lebih menarik!
Rambu kemudian lintas ialah bab dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang dipakai untuk menawarkan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan