Pembelajaran 3 Subtema 4 Saya Suka Berkarya
Sunday, August 30, 2020
Edit
Pada umumnya dalam menyusun paragraf menurut gambarnya memakai gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bab dari gambar tersebut mempunyai ceritanya masing masing.
Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut sampai membentuk dongeng yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah memilih judul dongeng dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan kejadian pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.
Paragraf yakni susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok yakni ilham utama dari sebuah paragraf.
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan menurut pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini yakni pikiran pokok dari setiap paragraf.
Hari Minggu Udin melaksanakan perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman mempersiapkan perbekalan yang dibutuhkan pada ketika penjelajahan lingkungan. Mereka terlihat bangga dan bersemangat.
Sebelum melaksanakan perjalanan, Udin mempelajari skema lokasi terlebih dahulu. Denah lokasi memudahkan melaksanakan pejalanan penjelajahan. Melalui skema lokasi Udin dan teman-teman sanggup mengetahui rute yang harus dilalui.
Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama. Salah satunya pada ketika akan menyeberangi sungai. Udin dan teman-temanya saling membantu..
Udin dan teman-teman merasa bahagia melaksanakan aktivitas perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak memperlihatkan pengalaman yang menarik.
Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memperlihatkan pengalaman menarik. Salah satu yang diharapkan ketika melaksanakan penjelajahan yakni peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih gampang mencapai daerah tujuan.
Membuat gambar atau model skema termasuk aktivitas berkarya. Cobalah menciptakan gambar dan model skema sekolah!
Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi mengenai banyak kelas. Cari juga informasi mengenai banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua daerah tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua daerah sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi mengenai banyak siswa setiap kelas untuk menciptakan diagram.
Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!
Gambarkan informasi tersebut dalam bentuk gambar skema sekolah sederhana!
Ayo Berlatih
Tuliskan data mengenai sekolahmu!
Buatlah diagram menurut data tersebut!
Ayo Berkreasi
Sekarang kita akan menciptakan skema memakai model menyerupai gambar berikut!
Buatlah model ruangan dan tanaman menyerupai kondisi sekolahmu! Gunting, lipat, dan tempelkan sehingga membentuk benda yang diinginkan. Susun benda-benda tersebut sehingga membentuk skema menyerupai kondisi sekolahmu! Sampaikan hasil kerja kelompokmu di depan teman-teman lain! Kerjakan secara berkelompok!
Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut sampai membentuk dongeng yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah memilih judul dongeng dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan kejadian pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.
Paragraf yakni susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok yakni ilham utama dari sebuah paragraf.
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan menurut pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini yakni pikiran pokok dari setiap paragraf.
- Hari Minggu Udin melaksanakan perjalanan di lingkungan sekitar.
- Sebelum melaksanakan perjalanan, Udin mempelajari skema lokasi terlebih dahulu.
- Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
- Udin dan teman-teman merasa bahagia melaksanakan aktivitas perjalanan.
Hari Minggu Udin melaksanakan perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman mempersiapkan perbekalan yang dibutuhkan pada ketika penjelajahan lingkungan. Mereka terlihat bangga dan bersemangat.
Sebelum melaksanakan perjalanan, Udin mempelajari skema lokasi terlebih dahulu. Denah lokasi memudahkan melaksanakan pejalanan penjelajahan. Melalui skema lokasi Udin dan teman-teman sanggup mengetahui rute yang harus dilalui.
Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama. Salah satunya pada ketika akan menyeberangi sungai. Udin dan teman-temanya saling membantu..
Udin dan teman-teman merasa bahagia melaksanakan aktivitas perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak memperlihatkan pengalaman yang menarik.
Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memperlihatkan pengalaman menarik. Salah satu yang diharapkan ketika melaksanakan penjelajahan yakni peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih gampang mencapai daerah tujuan.
Membuat gambar atau model skema termasuk aktivitas berkarya. Cobalah menciptakan gambar dan model skema sekolah!
Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi mengenai banyak kelas. Cari juga informasi mengenai banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua daerah tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua daerah sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi mengenai banyak siswa setiap kelas untuk menciptakan diagram.
Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!
No | Bagian Sekolah | Posisi |
---|---|---|
1 | Ruang kelas 1- 3 | Sebelah utara halaman sekolah |
2 | Perpustakaan | Sebelah barat ruang kelas 1 |
3 | Ruang Guru | Sebelah barat ruang kelas 4 |
4 | Ruang Kepala Sekolah | Sebelah utara ruang guru |
5 | Ruang kelas 4 - 6 | Sebelah selatan halaman sekolah |
6 | Kamar Mandi/WC | Sebelah timur kelas 3 |
7 | Kantin | Sebelah timur halaman sekolah |
8 | Tempat Parkir | Sebelah selatan gudang |
9 | Gudang | Sebelah timur kelas 6 |
10 | UKS | Sebelah selatan kantin |
Gambarkan informasi tersebut dalam bentuk gambar skema sekolah sederhana!
Ayo Berlatih
Tuliskan data mengenai sekolahmu!
No | Bagian Sekolah | Banyak |
---|---|---|
1 | Ruang kelas 1-3 | 1 |
2 | Perpustakaan | 1 |
3 | Ruang Guru | 1 |
4 | Ruang Kepala Sekolah | 1 |
5 | Ruang kelas 4-6 | 1 |
6 | Kamar Mandi/WC | 3 |
7 | Kantin | 1 |
8 | Tempat Parkir | 1 |
9 | Gudang | 1 |
10 | UKS | 1 |
Ayo Berkreasi
Sekarang kita akan menciptakan skema memakai model menyerupai gambar berikut!
Buatlah model ruangan dan tanaman menyerupai kondisi sekolahmu! Gunting, lipat, dan tempelkan sehingga membentuk benda yang diinginkan. Susun benda-benda tersebut sehingga membentuk skema menyerupai kondisi sekolahmu! Sampaikan hasil kerja kelompokmu di depan teman-teman lain! Kerjakan secara berkelompok!