Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Pagi ini, hujan masih turun rintik-rintik. Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam.

Hari ini, Siti dan teman-teman berjanji akan berkumpul di rumah Beni. Mereka akan berkreasi menciptakan alat peraga perihal pecahan dari barang bekas.

Siti, Lani, dan Dayu sudah tiba di rumah Beni. Mereka menggunakan payung. Tak usang kemudian, Udin pun tiba. Ia menggunakan jas hujan.

Ayo Membaca
Namun, Edo tak kunjung datang. Menjelang siang, barulah Edo tiba di rumah Beni. Hujan sudah berhenti.  Perhatikan percakapan berikut ini.
Beni:Mengapa kau gres datang, Edo? Kami menunggu semenjak pagi.
Edo:Maaf, saya menunggu hujan reda. Payung saya ketinggalan di sekolah kemarin. Saat pulang sekolah cuaca sudah cerah. Jadi, saya tidak ingat kalau bawa payung.
Siti:O, begitu. Kamu ingat kiprah membawa barang bekas, kan?
Edo:Tentu saya ingat. Ini barang bekasnya.
Beni:Teman-teman, barang-barang bekas sudah kita bawa. Lalu, apa yang akan kita buat?Teman-teman, barang-barang bekas sudah kita bawa. Lalu, apa yang akan kita buat?
Udin:Kita akan menciptakan alat peraga pecahan. Nanti kita mengembangkan tugas, ya, sesuai kemampuan masing-masing. Saya suka menggambar. Saya yang menggambar bagian-bagian pecahan.
Siti:Saya suka menggunting. Nanti saya yang menggunting gambar bab pecahan
Lani:Saya suka mewarnai. Nanti saya yang memberi warna pada alat peraga kita.
Dayu:Saya yang bertugas melekat dan menulis.
Edo:Saya membantu Siti menggunting gambar kotak.
Beni:Baik, kalau begitu saya membantu Udin menggambar bagian-bagian pecahan di kardus bekas.

Beni dan teman-teman bekerja sama menciptakan kiprah alat peraga pecahan. Setiap anggota kelompok mempunyai kemampuan yang berbeda. Namun, mereka bersatu menuntaskan kiprah tersebut.

Ayo Menulis
Apakah kau pernah menciptakan kiprah kelompok bersama teman? Apakah kiprah yang kau kerjakan dikala itu?

Tuliskan kiprah kelompok yang pernah kau kerjakan. Tuliskan juga alasan pentingnya bersatu dalam keberagaman.
No.Tugas kelompokTugas/Peranku
1.Pameran KelasMenjadi penjaga stand pameran
2.DiskusiSebagai anggota kelompok
3.Bermain Sepak BolaPenjaga Gawang
4.Baris BerbarisPemimpin barisan

Bersatu dalam keberagaman kiprah itu penting alasannya yakni bersatu dalam keberagaman akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Mengamati
Menjelang sore, kiprah mereka pun usai. Beni ke luar rumah mengamati keadaan langit. Cuaca masih terlihat berawan. Beni dan teman-teman pun bermain perihal pecahan. Mereka menggunakan kreasi barang bekas tadi.

Inilah kreasi mereka. Lingkarannya terbuat dari kardus bekas. Lingkaran tersebut diikat dengan tali plastik.
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Ayo Berkreasi
Bermain dengan Pecahan
Mari bermain dengan kreasi barang bekas. Kita bermain sambil belajar. Membandingkan dua pecahan yang peyebutnya sama, namun pembilangnya berbeda.
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Lihatlah gambar pecahan pada Beni dan Siti. Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?

Sekarang, amati gambar pecahan pada Udin dan Siti. Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah
pecahan yang lebih kecil?
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Sekarang, amati gambar pecahan pada Edo dan Dayu. Manakah pecahan yang lebih besar?
Manakah pecahan yang lebih kecil?
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Membandingkan pecahan yang berpenyebut sama dengan pembilang berbeda:
Makin besar pembilang, makin besar nilai pecahan itu.

Ayo Berlatih
Sekarang, kau sudah sanggup membandingkan pecahan dengan penyebut yang sama, tetapi pembilang berbeda. Sekarang, kau juga sudah sanggup membandingkan pecahan dengan pembilang yang sama, tetapi penyebut berbeda.

Kerjakanlah latihan berikut ini!
A. Beri tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada kawasan yang telah tersedia.
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
B. Beri tanda “S” (salah) kalau balasan salah atau “B” (benar) kalau balasan benar pada kotak yang
tersedia.
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Beni dan teman-teman telah akibat belajar. Saatnya Siti, Dayu, Lani, Udin, dan Edo pulang ke rumah. Cuaca di luar sudah mulai terlihat cerah. Dalam perjalanan pulang, mereka bercakap-cakap perihal perubahan cuaca.

Ayo Membaca
BMKG perihal Prakiraan dan Perubahan Cuaca
Jakarta (Greeners) – Pengamatan cuaca di Indonesia dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Badan ini berkantor di Jakarta.

Badan ini bertugas mengamati cuaca setiap hari. Badan ini mengamati cuaca di seluruh wilayah Indonesia.

BMKG menjelaskan prakiraan cuaca pada bulan Januari. Secara umum, Indonesia berada pada puncak ekspresi dominan hujan. Namun kenyataannya, kondisi cuaca di Jakarta berubah-ubah. Terkadang hujan sepanjang hari bermetamorfosis panas terik secara tiba-tiba.

Seperti hari ini cuaca cerah dan tidak ada hujan di wilayah Jakarta. Namun, kemarin hujan turun beberapa kali sepanjang hari.

Ayo Berdiskusi
Informasi apa sajakah yang diperoleh dari isu tersebut? Susunlah informasi dari isu tersebut.
Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu di kawasan yang tersedia, kemudian sampaikan di hadapan teman-teman

Informasi 1 : BMKG bertugas mengamati cuaca
Informasi 2 : BMKG mengamati cuaca di seluruh Indonesia
Informasi 3 : BMKG memperkirakan bulan Januari Indonesia berada di puncak ekspresi dominan hujan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel