Pembelajaran 6 Subtema 4 Mencintai Hewan
Monday, August 17, 2020
Edit
Ayo Bermain Peran
Cobalah memainkan kiprah sesuai dengan dongeng yang telah kau buat pada pertemuan sebelumnya!
Si Kancil dan Buaya
Krukukukuk...krukukuk...krukukuk...terdengar bunyi dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar. Si Kancil membayangkan mentimun, masakan kesukaannya.
Namun Kancil kebingungan mencari cara untuk sanggup menyeberangi sungai. Sementara itu, aneka macam buaya yang tinggal di dalam sungai. Si Kancil pun berpikir dan mencari nalar biar sanggup menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya.
Gambarkan kembali dongeng tersebut dalam sebuah gambar sederhana!
Apakah semua anggota kelompok mendapat peran? Apakah semua anggota kelompok melakukan kiprahnya dengan baik?
Ayo Berdiskusi
Untuk sanggup menjadi kelompok terbaik, kolaborasi yang baik dari setiap anggota kelompok sangat dibutuhkan. Melaksanakan kiprah masing-masing dengan baik ialah salah satu pola kolaborasi yang baik.
Ada banyak kiprah dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama yang baik dari setiap kiprah sangat diperlukan biar kehidupan berjalan dengan baik.
Ada orang yang berperan sebagai pelajar, tugasnya menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Ada yang berperan sebagai guru, tugasnya mengajarkan ilmu dengan baik. Ada petugas keamanan lingkungan, tugasnya menjaga keamanan lingkungan.
Peran apa lagi yang ada di sekitarmu? Cobalah cari tahu kiprah orang-orang yang ada di sekitarmu! Tanyakan, apa kiprah dan tugasnya? Tuliskan gosip yang kau dapatkan pada daerah yang tersedia!
Cobalah menggambarkan pembagian kiprah dan kiprah menyerupai dongeng di bawah ini. Gambarkan jenis tanaman pada bab tanah sesuai dengan bacaan berikut! Gunakan warna yang berbeda untuk setiap gambar!
Seorang pengusaha mempekerjakan 4 petani untuk mengolah tanah perkebunannya. Pengusaha tersebut membagi tanah menjadi 16 bab sama besar. Lalu membagi kiprah menyerupai berikut ini.
Tuliskan bab tanah yang ditanami dalam bentuk bilangan pecahan!
Cobalah memainkan kiprah sesuai dengan dongeng yang telah kau buat pada pertemuan sebelumnya!
Si Kancil dan Buaya
Krukukukuk...krukukuk...krukukuk...terdengar bunyi dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar. Si Kancil membayangkan mentimun, masakan kesukaannya.
Namun Kancil kebingungan mencari cara untuk sanggup menyeberangi sungai. Sementara itu, aneka macam buaya yang tinggal di dalam sungai. Si Kancil pun berpikir dan mencari nalar biar sanggup menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya.
Kancil | : | “Hai Buaya,..keluarlah!” |
Buaya | : | “Ada apa teriak-teriak, Kancil?” |
Kancil | : | “Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana?. Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu saya menyeberang sungai itu” lanjut Kancil. |
Buaya | : | “Baiklah, tetapi bagaimana kami sanggup membantumu?” |
Kancil | : | “Berbarislah kalian hingga ujung sungai itu, biarkan saya berjalan menyeberangi sungai melalui punggung kalian,” |
Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga hasilnya si Kancil hingga di seberang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya. | ||
Kancil | : | “Ha...ha...ha. Betapa bodohnya kalian, bukankah saya tak membawa sepotong pun daging segar di tangan? Itu artinya saya tak punya daging segar untuk jatah makan siang kalian. Enak saja, mana sanggup kalian makan tanpa ada usaha?” |
Buaya | : | “Akan ku balas semua perbuatanmu Cil”. |
Kancil | : | “Terimakasih buaya, saya pamit pergi untuk melanjutkan perjalanan”. |
Gambarkan kembali dongeng tersebut dalam sebuah gambar sederhana!
Apakah semua anggota kelompok mendapat peran? Apakah semua anggota kelompok melakukan kiprahnya dengan baik?
Ayo Berdiskusi
Untuk sanggup menjadi kelompok terbaik, kolaborasi yang baik dari setiap anggota kelompok sangat dibutuhkan. Melaksanakan kiprah masing-masing dengan baik ialah salah satu pola kolaborasi yang baik.
Ada banyak kiprah dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama yang baik dari setiap kiprah sangat diperlukan biar kehidupan berjalan dengan baik.
Ada orang yang berperan sebagai pelajar, tugasnya menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Ada yang berperan sebagai guru, tugasnya mengajarkan ilmu dengan baik. Ada petugas keamanan lingkungan, tugasnya menjaga keamanan lingkungan.
Peran apa lagi yang ada di sekitarmu? Cobalah cari tahu kiprah orang-orang yang ada di sekitarmu! Tanyakan, apa kiprah dan tugasnya? Tuliskan gosip yang kau dapatkan pada daerah yang tersedia!
No. | Peran | Tugas |
---|---|---|
1. | Petugas akseptor tamu sekolah | Memberikan gosip dan memperlihatkan pelayanan yang baik jikalau ada tamu yang tiba ke sekolah |
2. | Kepala Sekolah | Mengatur setiap kegiatan, dan juga perangkat yang berada di dalam lingkungan sekolah. |
3. | Tukang Kebun Sekolah | Menjaga atau merawat Kebersihan Sekolah ( Ruang-ruangan sekolah dan Halaman) |
4. | Penjaga Sekolah | Menjaga lingkungan sekolah dan mengamankan Proses Kegitan Belajar Mengajar |
5. | Petugas Perpustakaan | Memberikan pelayanan kepada warga sekolah yang membutuhkan gosip dan peminjaman buku |
Cobalah menggambarkan pembagian kiprah dan kiprah menyerupai dongeng di bawah ini. Gambarkan jenis tanaman pada bab tanah sesuai dengan bacaan berikut! Gunakan warna yang berbeda untuk setiap gambar!
Seorang pengusaha mempekerjakan 4 petani untuk mengolah tanah perkebunannya. Pengusaha tersebut membagi tanah menjadi 16 bab sama besar. Lalu membagi kiprah menyerupai berikut ini.
- Petani A bertugas menanam tomat pada 7 bab tanah.
- Petani B bertugas menanam sayur bayam pada 3 bab tanah.
- Petani C bertugas menanam cabe pada 2 bab tanah.
- Petani D bertugas menanam bunga pada 4 bab tanah
Tuliskan bab tanah yang ditanami dalam bentuk bilangan pecahan!
- Tanah yang ditanami tomat terdiri dari 7 bagian. Ditulis dalam pecahan ialah 7/16.
- Tanah yang ditanami sayur bayam terdiri dari 3 bagian. Ditulis dalam pecahan ialah 3/16.
- Tanah yang ditanami cabe terdiri dari 2 bagian. Ditulis dalam pecahan ialah 2/16.
- Tanah yang ditanami bunga terdiri dari 4 bagian. Ditulis dalam pecahan ialah 4/16.