4 Konsep Administrasi Dan Penjelasannya
Monday, October 14, 2019
Edit
Konsep Manajemen
Konsep Manajemen - administrasi bersifat universal. Tidak ada satu akad wacana batasan. Banyak definisi yang bisa dijadikan dasar sesuai dengan tujuan masing masing. Namun beberapa hebat berpandangan sama mengenai konsep manajemen.Secara garis besar, banyak yang baiklah bahwa konsep administrasi bisa dilihat dari 4 sudut pandang.
Apa saja yang menjadi konsep dasar administrasi ?
Konsep Manajemen |
1. Manajemen Sebagai Suatu Ilmu
Awal mulanya, administrasi tidak termasuk sebagai sebuah teori. Teori harus terdiri atas konsep yang bisa menjelaskan fenomena, meramalkan apa yang akan terjadi dan menandakan ramalan tersebut menurut penelitian secara sistematis.
Setelah administrasi dipelajari selama beberapa waktu, administrasi karenanya bisa menandakan secara sistematis dan memahami fenomena-fenomena dan meramalkan mengapa orang-orang bekerja sama.
Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis dalam memahami dan mempelajari bagaimana masing masing insan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan dan menciptakan sistem ini bisa menunjukkan manfaat untuk kemanusiaan.
Manajemen sebagai sebuah ilmu pengetahuan telah usang dipelajari dan telah menjadi sebuah teori.
Gejala tanda-tanda dalam administrasi telah diteliti memakai metode-metode penelitian ilmiah yang bisa dirumuskan dalam prinsip prinsip yang diwadahi dalam sebuah teori.
Manajemen sebagai ilmu dipakai untuk menjelaskan dan menerangkan banyak sekali fenomema-fenomena yang ada sehingga bisa menunjukkan instruksi kepada manajer terhadap apa yang seharusnya mereka kerjakan.
2. Manajemen Sebagai Seni
Manajemen sebagai seni merupakan sebuah upaya aktual untuk mendatangkan hasil yang maksimal dengan perjuangan yang seminimal mungkin yang bisa dilakukan. Begitu juga dalam menunjukkan pelayanan yang terbaik kepada semua pihak yang berhubungan.
Henry M Boettinger mengemukakan administrasi merupakan sebuah seni dalam suatu pengambilan keputusan, yang artinya administrasi ialah suatu kemampuan, keterampilan atau kemahiran dalam menerapkan prinsip-prinsip dan teknik dalam memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk merealisasikan tujuan yang diinginkan.
Dia menambahkan bahwa sebagai seni, administrasi memerlukan tiga unsur :
Ketiga unsur tersebut bisa dikembangkan dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan manajemen.
Konsep administrasi sebagai seni memandang perlunya kolaborasi dengan pihak lain, bagaimana mengatur dan memerintahkan orang lain supaya bisa bekerja sama dengan baik dan menguntungkan.
Hal ini alasannya ialah intinya insan umumnya ialah "managing" atau mengatur. dan mengatur insan ada seninya tersendiri semoga mendapat hasil yang paling maksimal.
Mary Parker Follet [stoner, 1986] menambahkan "The art getting things done through people". administrasi sebagai sebuah seni untuk menjalankan pekerjaan melalui orang lain. Semua setuju bahwa administrasi melaksanakan pekerjaannya dengan cara mengatur orang lain.
Baca juga 14 Prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol
Dia menambahkan bahwa sebagai seni, administrasi memerlukan tiga unsur :
- Pandangan
- pengetahuan tekhnis
- komunikasi
Ketiga unsur tersebut bisa dikembangkan dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan manajemen.
Konsep administrasi sebagai seni memandang perlunya kolaborasi dengan pihak lain, bagaimana mengatur dan memerintahkan orang lain supaya bisa bekerja sama dengan baik dan menguntungkan.
Hal ini alasannya ialah intinya insan umumnya ialah "managing" atau mengatur. dan mengatur insan ada seninya tersendiri semoga mendapat hasil yang paling maksimal.
Mary Parker Follet [stoner, 1986] menambahkan "The art getting things done through people". administrasi sebagai sebuah seni untuk menjalankan pekerjaan melalui orang lain. Semua setuju bahwa administrasi melaksanakan pekerjaannya dengan cara mengatur orang lain.
Baca juga 14 Prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol
3. Manajemen sebagai Profesi
Manajemen sebagai sebuah profesi ialah suatu bidang pekerjaan yang dijalankan orang-orang yang memiliki keahlian serta keterampilan sebagai kader, manajer atau pimpinan didalam sebuah organiasi tertentu.
Manajemen diartikan sebuah profesi dikarenakan administrasi memerlukan keahlian, keterampilan, kemahiran dan skill tertentu untuk menjalankan acara dalam merealiasikan tujuan yang diinginkan.
Semua pekerjaan dijalankan dengan cara yang sangat efektif dan efisien sehingga bisa memanfaatkan segala sumber daya yang ada dengan maksimal. Untuk menjalankannya perlu sebuah kemampuan yang ahli, dan skill ini bisa merupakan suatu profesi tersendiri bagi seorang ahli.
Manajemen diartikan sebuah profesi dikarenakan administrasi memerlukan keahlian, keterampilan, kemahiran dan skill tertentu untuk menjalankan acara dalam merealiasikan tujuan yang diinginkan.
Semua pekerjaan dijalankan dengan cara yang sangat efektif dan efisien sehingga bisa memanfaatkan segala sumber daya yang ada dengan maksimal. Untuk menjalankannya perlu sebuah kemampuan yang ahli, dan skill ini bisa merupakan suatu profesi tersendiri bagi seorang ahli.
Para hebat profesional mendapat status dengan cara mencapai sebuah standar prestasi kerja dan bukan berdasaran kepada faktor diluar itu menyerupai suku, keturunan, agama serta kriteria-kriteria yang tidak berkaitan lainnya.
4. Manajemen sebagai Proses
Dalam perjuangan mencapai tujuan, administrasi melaksanakan banyak sekali hal yang tidak bisa dipisahkan antara satu kegiatan dengan kegiatan yang lain.
Konsep administrasi sebagai proses lebih mengarah kepada proses dalam mengelola dan mengatur pelaksanaan sebuah pekerjaan atau serangkaian kegiatan yang untuk mencapai tujuan.
Proses administrasi sendiri terdiri atas beberapa tindakan menyerupai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengendalian yang juga merupakan fungsi dari administrasi itu sendiri.
Manajemen menetapkan tujuannya. Dan berusaha untuk meraihnya dengan cara memanfaatkan pengatahuan, ketrampilan, keahlian bahkan pengalaman para bawahan/karyawan pada sebuah perusahaan.
Konsep administrasi sebagai proses lebih mengarah kepada proses dalam mengelola dan mengatur pelaksanaan sebuah pekerjaan atau serangkaian kegiatan yang untuk mencapai tujuan.
Proses administrasi sendiri terdiri atas beberapa tindakan menyerupai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengendalian yang juga merupakan fungsi dari administrasi itu sendiri.
Akhir Kata
Konsep dasar administrasi diwujudkan oleh kegiatan menyerupai pengambilan keputusan, menetapkan sebuah kebijakan, menunjukkan perintah kerja, mengelola sumber daya yang dimiliki dan mengarahkan pekerjaan orang lain semoga tujuan perusahaan tercapai.Manajemen menetapkan tujuannya. Dan berusaha untuk meraihnya dengan cara memanfaatkan pengatahuan, ketrampilan, keahlian bahkan pengalaman para bawahan/karyawan pada sebuah perusahaan.