Pembelajaran 5 Subtema 4 Saya Suka Berkarya
Sunday, August 30, 2020
Edit
Mengadakan Kegiatan Amal. Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai. Ada banyak belum dewasa berkumpul di sana. Siti dan teman-teman sedang mendapatkan pemberian barang bekas. Barang bekas akan dipakai untuk kegiatan amal. SD Nusantara berencana mengadakan kegiatan penjualan barang bekas. Barang bekas tersebut harus masih sanggup dipakai dan dijual dengan harga murah. Barang bekas dikumpulkan dari semua siswa SD Nusantara.
Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau kawasan yang membutuhkan.
Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yang
diterima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.
Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan semoga berjalan dengan baik.
Kegiatan membuatkan dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menawarkan perilaku kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah pola perilaku pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
Diskusikan perilaku yang sanggup kau lakukan untuk mengamalkan sila kedua Pancasila! Sampaikan hasil diskusi kepada teman-temanmu yang lain!
Ayo Berlatih
Berikut ini yaitu data banyaknya pemberian buku dalam waktu satu minggu.
Pembuatan diagram akan memakai tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.
Diagram akan digambar menyerupai berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
Buatlah diagram dengan memakai data berikut ini! Gunakan tanda ☆ untuk mewakili setiap 5 orang!
Gambarkan data dalam tabel berikut!
Siti dan teman-teman berlatih menciptakan sketsa untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melakukan kegiatan di lapangan upacara.
Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.
Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.
Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.
Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.
Buatlah sketsa menurut isu tersebut!
Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju kawasan kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )
Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau kawasan yang membutuhkan.
Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yang
diterima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.
Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan semoga berjalan dengan baik.
Kegiatan membuatkan dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menawarkan perilaku kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah pola perilaku pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
No | Sila Pancasila | Contoh Sikap |
---|---|---|
1 | Sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. |
2 | Sila kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab | Menolong sobat yang sedang mengalami kesusahan |
3 | Sila ketiga Persatuan Indonesia | Bekerja sama dan saling menolong |
4 | Sila keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kecerdikan dalam permusyawaratan perwakilan | Mendamaikan sobat yang sedang berselisih |
4 | Sila kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia | Membagi kiprah secara adil kepada semua anggota kelompok |
Diskusikan perilaku yang sanggup kau lakukan untuk mengamalkan sila kedua Pancasila! Sampaikan hasil diskusi kepada teman-temanmu yang lain!
Ayo Berlatih
Berikut ini yaitu data banyaknya pemberian buku dalam waktu satu minggu.
No | Hari | Banyak pemberian buku |
---|---|---|
1 | Senin | 20 |
2 | Selasa | 14 |
3 | Rabu | 4 |
4 | Kamis | 10 |
5 | Jumat | 8 |
6 | Sabtu | 12 |
Pembuatan diagram akan memakai tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.
Diagram akan digambar menyerupai berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
- Berapa banyak buku pemberian yang diterima pada hari Jumat? (8 buah)
- Berapa banyak buku pemberian yang diterima pada hari Sabtu? (12 buah)
- Hari apakah terdapat buku pemberian paling banyak?(senin 20 buah)
- Hari apakah terdapat buku pemberian paling sedikit? (Rabu 4 buah)
- Berapa banyak perbedaan buku pemberian pada hari Rabu dan Sabtu?(8 buah)
- Berapa banyak perbedaan buku pemberian pada hari Senin dan Selasa?(6 buah)
- Berapa banyak perbedaan buku pemberian pada hari Kamis dan Jumat?(2 buah)
- Berapa banyak buku pemberian dari hari Senin hingga Selasa?(34 buah)
- Berapa banyak buku pemberian dari hari Senin hingga Rabu?(38 buah)
- Berapa banyak buku pemberian dari Senin hingga Sabtu?(68 buah)
Buatlah diagram dengan memakai data berikut ini! Gunakan tanda ☆ untuk mewakili setiap 5 orang!
No | Nama Barang Bekas | Banyak pemberian buku |
---|---|---|
1 | Mainan bekas | 15 |
2 | Sepatu bekas | 35 |
3 | Buku bekas | 40 |
4 | Baju bekas | 55 |
Gambarkan data dalam tabel berikut!
Siti dan teman-teman berlatih menciptakan sketsa untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melakukan kegiatan di lapangan upacara.
Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.
Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.
Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.
Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.
Buatlah sketsa menurut isu tersebut!
Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju kawasan kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )