Pembelajaran 5 Subtema 4 Saya Suka Berkarya

Mengadakan Kegiatan Amal. Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai. Ada banyak belum dewasa berkumpul di sana. Siti dan teman-teman sedang mendapatkan pemberian barang bekas. Barang bekas akan dipakai untuk kegiatan amal. SD Nusantara berencana mengadakan kegiatan penjualan barang bekas. Barang bekas tersebut harus masih sanggup dipakai dan dijual dengan harga murah. Barang bekas dikumpulkan dari semua siswa SD Nusantara.

Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau kawasan yang membutuhkan.

Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yang
diterima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.

Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan semoga berjalan dengan baik.
Kegiatan membuatkan dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menawarkan perilaku kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah pola perilaku pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
NoSila PancasilaContoh Sikap
1Sila pertama
Ketuhanan yang Maha Esa
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
2Sila kedua
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Menolong sobat yang sedang mengalami kesusahan
3Sila ketiga
Persatuan Indonesia
Bekerja sama dan saling menolong
4Sila keempat
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kecerdikan dalam permusyawaratan perwakilan
Mendamaikan sobat yang sedang berselisih
4Sila kelima
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Membagi kiprah secara adil kepada
semua anggota kelompok

Diskusikan perilaku yang sanggup kau lakukan untuk mengamalkan sila kedua Pancasila! Sampaikan hasil diskusi kepada teman-temanmu yang lain!

Ayo Berlatih
Berikut ini yaitu data banyaknya pemberian buku dalam waktu satu minggu.
NoHariBanyak pemberian buku
1Senin20
2Selasa14
3Rabu4
4Kamis10
5Jumat8
6Sabtu12

Pembuatan diagram akan memakai tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.

Diagram akan digambar menyerupai berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
  1. Berapa banyak buku pemberian yang diterima pada hari Jumat? (8 buah)
  2. Berapa banyak buku pemberian yang diterima pada hari Sabtu? (12 buah)
  3. Hari apakah terdapat buku pemberian paling banyak?(senin 20 buah)
  4. Hari apakah terdapat buku pemberian paling sedikit? (Rabu 4 buah)
  5. Berapa banyak perbedaan buku pemberian pada hari Rabu dan Sabtu?(8 buah)
  6. Berapa banyak perbedaan buku pemberian pada hari Senin dan Selasa?(6 buah)
  7. Berapa banyak perbedaan buku pemberian pada hari Kamis dan Jumat?(2 buah)
  8. Berapa banyak buku pemberian dari hari Senin hingga Selasa?(34 buah)
  9. Berapa banyak buku pemberian dari hari Senin hingga Rabu?(38 buah)
  10. Berapa banyak buku pemberian dari Senin hingga Sabtu?(68 buah)

Buatlah diagram dengan memakai data berikut ini! Gunakan tanda ☆ untuk mewakili setiap 5 orang!
NoNama Barang BekasBanyak pemberian buku
1Mainan bekas15
2Sepatu bekas35
3Buku bekas40
4Baju bekas55

Gambarkan data dalam tabel berikut!
 Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai Pembelajaran 5 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Siti dan teman-teman berlatih menciptakan sketsa untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melakukan kegiatan di lapangan upacara.

Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.

Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.

Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.

Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.

Buatlah sketsa menurut isu tersebut!
 Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai Pembelajaran 5 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju kawasan kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel